Oleh Lusiana Prajogo
Pada awalnya setelah 34 tahun mengembangkan pasar flavor Firmenich di Indonesia, Indesso terdorong untuk melengkapi portfolio produk yang erat kaitannya dengan flavor. Salah satu bentuk dari portfolio produk tersebut adalah seasoning yang dipayungi oleh sebuah brand bernama Culinaroma. Firmenich sendiri sebagai flavor house yang sudah sangat berpengalaman secara terpisah memberikan dukungan penuh dalam hal penyediaan flavor atau perisa atau top notes yang diperlukan untuk pengembangan produk seasoning tersebut.
Tetapi dengan berjalannya waktu dan belajar dari sejarah dan pengalaman yang pernah dilalui baik oleh Indesso ataupun Firmenich, akhirnya dibentuklah suatu kolaborasi antara PT Indesso dan PT Firmenich Indonesia. Keduanya berkolaborasi dalam pengembangan produk flavor dan juga berkolaborasi di sisi komersialnya. Produk flavor yang dihasilkan dari kolaborasi ini adalah Blended Flavor dan masih memakai Culinaroma sebagai brand untuk identitas dan diferensiasi. Selain Blended Flavor, produk Culinaroma yang lain adalah Cheese Powder.
Sebagai Blended Flavor, Culinaroma berbeda dengan flavor top note pada umumnya, Culinaroma ini sangat kaya akan rasa dan aroma yang dikreasi berdasarkan konsep-konsep dan citarasa kuliner. Blended Flavor Culinaroma tersedia dalam 2 jenis yaitu Concentrated Flavor dan Ready To Use Flavor. Istilah umum Ready To Use Flavor ini adalah seasoning, sedangkan istilah umum dari Concentrated Flavor adalah Premix Seasoning. Kedua jenis flavor ini diciptakan untuk memberikan pilihan bagi para pelanggan terhadap jenis Culinaroma yang sesuai dengan kondisi dan fasilitas pelanggan.
Segmen pasar
Produk
Kemampuan dan fasilitas Indesso - Firmenich
Culinaroma juga bekerjasama dengan beberapa partner bisnis yang sangat mendukung dalam penyediaan bahan baku yang berkualitas internasional dengan harga yang kompetitif sehingga tidak perlu dikuatirkan tentang harga produk Culinaroma, yang dapat dipastikan akan sangat kompetitif di pasaran Indonesia.
Tim kolaborasi
Tim development produk Culinaroma berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan kepada pelanggan yang berasal dari segmen-segmen industri di atas terhadap kreasi produk yang tidak terbatas, pembuatan aplikasi produk yang dapat memberikan efisiesi waktu dalam suatu pengerjaan proyek dan melakukan Culinary Translation untuk memudahkan pelanggan dalam mengenal karakter dari suatu kuliner. Tim tersebut terdiri dari Appy Ariessetiawati (Flavorist PT Firmenich) yang selalu menciptakan suatu flavor top note yang diperlukan, Bernadette Widiastuti (Savory Product Development Manager PT Indesso) yang mempunyai latar belakang yang kuat dalam mengkreasikan Concentrated Flavor maupun Ready To Use Flavor, Kiki Dina Marianti Panggabean (Savory Product Development PT Indesso) yang juga mempunyai latar belakang di bidang savory, Vera Gunawan (Culinary Technologist dan Savory Technical Sales PT. Indesso) yang membantu melakukan Culinary Translation bersama seluruh tim dan juga tim TechnoChef® , Vita Lorita (Application Technologist PT Firmenich Indonesia) sebagai personil yang mendukung dalam pengaplikasian produk akhir. Tim komersial Culinaroma juga berkomitmen untuk memberikan dukungan ke pelanggan terhadap informasi-informasi yang berguna yang berhubungan dengan segmen pasar pelanggan. Tim komersial terdiri dari Erwin Febryanto (Business Development Manager – Cheese Powder dan CNI Product PT Indesso), Fatma Fadjarrini (Business Development Manager – Savory PT Firmenich Indonesia), Jessie Gunawan (Business Development – Savory PT Firmenich Indonesia) dan Lusiana Prajogo (Business Development Manager – Savory PT Indesso).
Dari gabungan kedua kemampuan Indesso dan Firmenich yang melahirkan tim Culinaroma yang lengkap dan kompak, maka Culinaroma berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi para pelanggan dan siap berkompetisi secara sehat di pasar.
PT Indesso Lusiana Prajogo,
Manager
Business Development - Savoury
Riwayat perusahaan.
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar