"

Kamis, 25 Januari 2018

Ini Cara Terbaik untuk Mudah Mengingat Materi yang Kamu Pelajari

Ini Cara Terbaik untuk Mudah Mengingat Materi yang Kamu Pelajari

Dunia yang sudah sangat terbuka untuk persaingan global membuat kita gak boleh main-main soal pendidikan dan profesionalisme sejak muda. Masalahnya banyak orang merasa enggan belajar sejak di bangku sekolah dan sering mengambil jalan pintas, entah itu menyontek atau beli kunci jawaban. Padahal itu tindakan yang salah. Kalau kamu merasa salah satunya, bisa jadi bukan karena kamu gak mampu dalam materi tersebut, tapi karena kebiasaan belajarmu yang kurang efektif. Dilansir dari psychotactics, ini cara terbaik untuk mengingat 90% materi ketika kamu belajar apapun!

1. Ternyata ada prosentase tersendiri lho tentang berapa banyak yang bisa kamu ingat berdasarkan caramu belajar

Ini Cara Terbaik untuk Mudah Mengingat Materi yang Kamu Pelajaritexastravesty.com
Disebut sebagai Piramida Belajar, metode ini dikembangkan pada tahun 1960 oleh NTL Institute di Bethel, Maine. Isi Piramida Belajar tersebut mengungkap berapa banyak prosentase materi yang akan diingat seseorang berdasarkan cara belajarnya. Dari piramida tersebut, diketahui bahwa orang akan mengingat materi sebagaimana berikut:
  • 5% dari apa yang mereka pelajari saat mereka belajar dari pengajaran di kelas oleh guru/dosen.
  • 10% dari apa yang mereka pelajari saat mereka belajar lewat membaca sumber atau literatur.
  • 20% dari apa yang mereka pelajari dari materi audio visual.
  • 30% dari apa yang mereka pelajari saat mereka melihat sebuah demonstrasi/percobaan/peragaan.
  • 50% dari apa yang mereka pelajari saat terlibat dalam diskusi kelompok.
  • 75% dari apa yang mereka pelajari saat mereka mempraktikkan apa yang mereka pelajari.
  • 90% dari apa yang mereka pelajari saat mereka mengajarkannya pada orang lain atau segera menggunakannya setelah mempelajarinya.

2. Lalu kenapa dengan mengajarkan materi pada orang lain akan membuatmu mengingat 90% dari materi yang kamu pelajari? Ini alasannya!

Ini Cara Terbaik untuk Mudah Mengingat Materi yang Kamu Pelajaristudying-in-germany.org
Kalau kamu menerapkan sesuatu langsung atau mengajarkan pada orang lain, kemungkinan besar kamu akan langsung melakukan kesalahan. Coba saja sendiri. Jadi begitu kamu mengalami kesulitan dan mulai melakukan kesalahan, kamu merasa harus belajar lebih untuk memperbaiki kesalahannya. Ini memaksa otakmu untuk berkonsentrasi.