"

Selasa, 23 Januari 2018

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!

Kamu suka nonton film 3D? Pasti keren dong, nonton film favorit dan bisa langsung merasakan seperti dibawa ke dalam film tersebut. Tetapi sepertinya masih kurang seru kalau hanya menonton dan gak bisa mengabadikan momen keren itu.
Pasti mau foto-foto juga, kan? Ada beberapa karya seni yang bisa membuat ilusi optik di mata kita layaknya film 3D.
Eitss, bukan hanya film dan karya seni rupa saja yang bisa menghasilkan ilusi optik. Ternyata banyak destinasi wisata yang bisa menghasilkan ilusi optik, tergantung angle memotretnya. Dilansir dari Insider, inilah 10 tempat ilusi optik yang bisa kamu kunjungi di dunia nyata.

1. Pedra do Telegrafo, Rio de Janiero, Brazil

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!tripadvisor.com/Guilherme P
Lokasi satu ini sudah sangat populer di Instagram. Banyak wisatawan yang mengambil foto di sini. Mereka tampak seperti sedang berada di ujung tebing. Tetapi kenyataannya, di bawahnya ada tanah yang jaraknya hanya 3 kaki dari batu tersebut. Yaelah, kirain tinggi banget!

2. Danau Leitisvatn, Pulau Faroe

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!flickr.com/Vicki Mar
Danau Leitisvantn merupakan danau terbesar di Kepulauan Faore yang terletak di antara Islandia dan Norwegia. Kalau dipotret dengan angle begini, tampaknya danau ini ada pada 328 kaki tebing di atas laut. Padalah aslinya, danau ini hanya sekitar 98 kaki di atas permukaan laut. Kok, bisa begitu ya?

3. Amanohashidate, Kyoto, Jepang

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!japan-guide.com
Dalam bahasa Jepang, Amanohashidate berarti “jembatan ke surga”. Menariknya, tempat ini adalah adanya pasir yang memanjang membentang hingga 2 mil ke Teluk Miyazu.
Pasir ini akan terlihat sebagai jembatan ke surga, jika kamu melihatnya di antara kedua kaki dengan posisi kepala di bawah atau terbalik. Gak percaya? Coba sendiri deh.

4. Rakotzbrucke, Gablenz, Jerman

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!flickr.com/Pavel Tvrdy
Jembatan satu ini terkenal dengan sebutan “Devil’s Bridge” atau “jembatan iblis”. Sebutan tersebut muncul karena ada legenda tua yang mengklaim bahwa jembatan ini dibangun oleh iblis. Rakotzbrucke dibangun pada pertengahan kedua abad ke-19.
Biasanya di hari yang tenang, ketika matahari masih bersinar terang, jembatan ini akan menciptakan sebuat lingkaran sempurna pada bayangannya di air. Keren banget kan?

5. Hoober Stand, Wentworth, Inggris

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!flickr.com/Darren Flinders
Menara satu ini dibangun pada pertengahan abad ke-18 untuk menghormati Thomas Watson Wentworth yang berjuang bersama Raja George II dalam pemberontakan Jacobite. Mungkin jika dilihat sekilas, menara ini tampak biasa saja.
Tetapi sadar gak kalau menara ini sebenarnya berdiri dalam bentuk piramida? Dijamin pasti banyak yang gak sadar. Ilusi optik yang dihasilkan bangunan ini adalah lentera yang ada di atas menara akan terlihat seperti bergerak, tetapi tergantung dilihat dari sudut yang mana.

6. Electric Brae, Ayrshire, Skotlandia

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!panoramio.com/Roy Pledger
Bisa dibilang tempat ini adalah bukit gravitasi di Skotlandia. Karena letaknya yang ada di samping tebing, tampaknya seperti berjalan menanjak, padahal seharusnya berjalan menurun.
Dapat dibuktikan dengan adanya mobil tanpa rem yang akan terlihat berjalan menanjak pada jalanan menurun. Seperti ada kekuatan yang menarik.
Padahal, aslinya bukit magnetik ini adalah hasil dari ilusi optik, yang tercipta ketika cakrawala terhambat. Tanpa cakrawala, semakin sulit kamu menentukan kemiringan jalan ini.

7. SLS Hotel & Casino, Las Vegas, Nevada

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!youtube.com/Vital Vegas
Dilihat dari tempatnya sih seperti kasino biasa pada umumnya. Yang membedakan di sini adalah adanya layar LED besar yang terletak di atas bar. LED ini banyak menampilkan gambar-gambar dan membuatnya seakan hidup. Keren banget, deh!

8. Magowan’s Infinite Mirror Maze, San Fransisco, California

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!magowansinfinitemirrormaze.com
Labirin kaca. Indonesia punya beberapa wahana permainan ini. Namun, kali ini terletak di San Fransisco Pier 39. Labirin-labirin ini dipenuhi dengan cermin dan diterangi cahaya lampu.
Sekali memasuki labirin ini, kamu akan langsung bingung di mana jalan keluarnya, karena semuanya dipenuhi cermin. Kamu dapat melihat dirimu di dua tempat sekaligus. Kira-kira kamu bisa lolos di labirin ini berapa lama ya?

9. The Mystery Spot, Santa Cruz, California

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!mysteryspot.com
Tempat ini biasanya dijuluki sebagai tempat anomali gravitasi, karena melawan hukum dasar gravitasi dan fisika. Di sini kamu bisa berdiri miring seperti gaya Michael Jackson tanpa terjatuh. Wah boleh juga nih dicoba.

10. Yangzhou Zhongshuge, Yangzhou, China

Bikin Pusing, 10 Tempat Ilusi Optik Ini Ada di Dunia Nyata Lho!archdaily.com/Shao Feng
Kalau kamu suka banget membaca buku, kamu wajib ke perpustakaan yang ada di China ini. Kamu akan menemukan sebuah ruangan yang menciptakan ilusi seakan ruangan itu merupakan terowongan buku tanpa batas. Rak-rak buku ini ada dari bawah kaki hingga ke langit-langit. Siapa yang mau ke sini?
Itulah 10 tempat ilusi optik yang ada di dunia nyata. Kamu tertarik pergi ke yang mana dulu nih?