4. Júzcar, Spain

Júzcar, Spain
Júzcar, Spain via https://id.pinterest.com
Sebelumnya kota ini semua bangunannya berwarna serba putih, namun pada tahun 2011 penduduk lokal sepakat untuk mengganti warna bangunan mereka ketika Sony merilis film 3D The Smurf. Hal ini dilakukan penduduk lokal untuk menarik perhatian para pelancong.
Dan Júzcar akan jadi satu-satunya kota yang dibangun untuk didedikasikan untuk Smurf. Selain di cat berwarna biru, gambar-gambar karakter smurf dan patung juga memenuhi kota ini.

5. Jodhpur, India

Jodhpur, India
Jodhpur, India via https://id.pinterest.com
Jodhpur adalah kota terbesar kedua di Rajasthan dan juga dikenal dengan sebutan "The Blue City". Pada masa lalu, Warna biru ini dipilih untuk mengikuti jejak orang-orang berkasta Brahmana yang selalu mengecat rumah mereka dengan warna biru karena menurut kepercayaan mereka bahwa dewa-dewa biasanya selalu berwarna biru.

6. Chefchaouen, Morocco

Chefchaouen, Morocco
Chefchaouen, Morocco via https://id.pinterest.com
Kota ini terletak di pegunungan Rif , Moroko bagian utara. Pada awalnya desain dengan warna biru ini diperkenalkan oleh pengungsi Yahudi pada tahun 1930, karena warna biru ini dianggap sebagai simbol langit dan surga.
Dan penduduk Chefchaouen sampai saat ini masih secara rutin mewarnai bangunan rumah mereka dengan warna biru dengan alasan untuk mengenang tradisi kuno Yahudi pada masa itu dan untuk menjaga agar sejarah tetap hidup di kota Chefchaouen.

7. Willemstad, Curacao

Willemstad, Curacao
Willemstad, Curacao via https://id.pinterest.com
Willemstad adalah ibu kota dari Curacao dan telah dinobatkan sebagai kota warisan dunia. Sejarah yang melatar belakangi warna-warni pada kota ini yaitu, pada abad ke-19 kota ini dipimpin oleh seorang Gubernur Jenderal Albert Kikkert. Ketika itu Albert Kikkert menderita migrain dan pantulan cahaya dari gedung-gedung yang dulu sebagian masih berwarna putih menyebabkan masalah kesehatannya sedikit terganggu. Kemudian Albert Kikkert memberi perintah untuk mewarnai semua bangunan yang ada di pusat kota dengan warna-warna yang cerah selain warna putih. Dan kebiasaan itu masih berlangsung sampai saat ini.