"

Selasa, 23 Januari 2018

8 Fakta Unik tentang Bogor, Nomor 6 Paling Greget Nih!

Bogor dikenal memiliki sejumlah destinasi yang menarik. Sebagai kota penyangga Jakarta, Bogor terus berkembang secara signifikan. Setiap pekan, kota kecil ini dipadati wisatawan, terutama dari Jakarta dan sekitarnya. 
Banyak orang Bogor yang juga bekerja di Jakarta. Jutaan orang lalu lalang Jakarta-Bogor melalui commuter line. Sedikitnya, ada 8 fakta unik tentang Bogor yang harus kamu tahu, seperti berikut:

1. Sejarah di balik HUT Kota Bogor.

8 Fakta Unik tentang Bogor, Nomor 6 Paling Greget Nih!pegipegi.com
Pasti kamu mengira ini di luar negeri? Bukan..bukan. Ini di Bogor saat festival payung yang selalu digelar saat ulang tahun kota ini. Ternyata, hari jadi kota Bogor sama dengan hari penobatan Prabu Siliwangi, yakni pada 3 Juni 1481.

2. Kota sejuta angkot!

8 Fakta Unik tentang Bogor, Nomor 6 Paling Greget Nih!Pinterest
Kalau di Jakarta banyak angkot mungkin masih wajar karena luas wilayah dan populasinya menjadi yang terbesar. Jangan salah, Bogor juga punya angkot yang sangat banyak. Bahkan, muncul julukan satir berupa "Kota Sejuta Angkot". Kira-kira lebih banyak kendaraan pribadi atau angkot ya?

3. Saksi bisu sejarah Indonesia ada di Istana Bogor.

8 Fakta Unik tentang Bogor, Nomor 6 Paling Greget Nih!Nusakini.com
Konon katanya banyak tamu negara yang pernah menginap di sini. Presiden RI pertama, Soekarno, lebih suka bekerja di Istana Bogor dibanding Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Jejaknya diikuti Presiden Joko Widodo yang lebih suka bekerja dan menginap di sini. 
Menurut dia, Istana Bogor lebih kondusif untuk bekerja karena udaranya lebih sejuk, suasananya lebih asri dan hijau, serta lebih tenang.

4. Dikenal sebagai Kota Hujan, tapi tetap panas.

8 Fakta Unik tentang Bogor, Nomor 6 Paling Greget Nih!rmoljakarta.com
Dulu Bogor memang dikenal memilliki udara sejuk. Tapi, sekarang tak ada bedanya dengan Jakarta. Panas banget, meski hampir setiap hari hujan.

5. Ada Kebun Raya Bogor menjadi yang tertua di Asia.

8 Fakta Unik tentang Bogor, Nomor 6 Paling Greget Nih!acehfoundation.org
Dibangun pada 1817, Kebun Raya Bogor menjadi yang tertua di Asia. Asyik dibuat piknik bareng teman-teman dan keluarga. Kamu sudah pernah ke sini, belum?

6. Dijuluki sebagai Kota Petir.

8 Fakta Unik tentang Bogor, Nomor 6 Paling Greget Nih!aktual.com
Tak hanya dijuluki sebagai Kota Hujan, Bogor juga mendapat julukan Kota Petir. Bahkan, Bogor pernah memecahkan rekor sebagai kota dengan petir terbanyak. Misalnya pada 2009, sekitar 322 petir dalam sehari. Padahal, normalnya hanya 80 kali. Hhmm..merinding juga ya.

7. Jadi surganya wisata kuliner.

8 Fakta Unik tentang Bogor, Nomor 6 Paling Greget Nih!Pinterest
Selain makanan-makanan khasnya, Bogor dikenal sebagai surganya kuliner kekinian. Banyak makanan kekinian yang lahir dari Bogor. Ada pula yang melegenda. 
Adapun makanan-makanan yang bisa dijadikan sebagai ikon Bogor antara lain roti unyil, kue lapis Bogor, asinan, makanan khas Sunda, kupat tahu, soto, dan talas Bogor.

8. Makin padat ketika akhir pekan.

8 Fakta Unik tentang Bogor, Nomor 6 Paling Greget Nih!viva.co.id
Kalau sudah masuk Jumat malam, Bogor mulai dipadati mobil-mobil dari Jakarta. Apalagi Sabtu-Minggu. Karena kepadatannya membludak, kepolisian sampai harus menerapkan sistem buka tutup ruas jalur, terutama arah ke Puncak.
Sedangkan, orang Bogor sendiri lebih memilih berdiam diri di rumah saat weekend. Atau bahkan mereka memilih liburan ke Jakarta. 
Hhmm...kalau kamu sendiri lebih suka ngapain kalau ke Bogor?
sumber