"

Jumat, 07 April 2017

Kumpulan Co-Working Space di Jakarta yang Bisa Menjadi Pilihanmu!


33COMMENTS
Co-Working Space | Featured Image
(Update 18 Juli 2016: Kami menghapus Skystar Ventures Co-Working Space dari daftar, menambahkan Cre8 dan Freeware Space, serta memperbarui informasi tentang Koléga)
Jakarta bisa dibilang merupakan salah satu kota terpenting bagi ekosistem startup teknologi di Indonesia.
Tidak hanya karena infrastrukturnya yang lebih cepat berkembang dari kota lainnya, sering menjadi tuan rumah bagi banyak acara startup di dalam negeri, dan menjadi tempat di mana banyak kesepakatan bisnis dibuat; Jakarta juga merupakan tempat lahirnya berbagai startup besar di Indonesia. Dan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan startup di Jakarta, beberapa inkubator dan co-working space telah muncul di kota ini.
Jika kamu mencari tempat yang bagus untuk bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, belajar, dan mengembangkan startup di Jakarta, berikut adalah kumpulan co-working space yang bisa menjadi pilihanmu:

Cre8

Cre8 | Foto
Bertempat di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan Cre8 memberikan dua pilihan untuk co-working, yaitu membership untuk pemakaian bulanan dan walk in untuk yang ingin menyewa harian. Sementara bila kamu menghendaki privasi lebih, Cre8 menawarkan Private Office. Beberapa layanan Cre8 lainnya adalah Virtual Office Service dan Event Space.
Seperti layaknya co-working space lainnya, Cre8 juga memiliki loungebar, dan ruang pertemuan plus mini library. Selain itu kamu juga akan mendapatkan minuman gratis, serta bisa memakai perangkat standar presentasi seperti televisi dan proyektor.
Lokasi co-working space ini juga termasuk salah satu yang mudah diakses. Untuk kamu yang kurang paham kawasan Jakarta Selatan, RS Siloam TB Simatupang adalah patokan bila ingin menjajal bekerja di Cre8.
Harga: Mulai dari Rp150.000 (Non-Member) dan Rp250.000 (Membership)
Alamat: Level 13-A, Metropolitan Tower R.A TB Simatupang Kav 14,, Jl. R.A.Kartini, Cilandak, DKI Jakarta, Indonesia | Senin-Jumat pada pukul 08.00-20.00 WIB.

Koléga

Kolega | FotoMenyusul Koléga Tebet yang mulai beroperasi pada 1 Agustus 2015, Koléga kini juga hadir di kawasan Senopati mulai bulan Maret 2016 lalu. Sama dengan Koléga Tebet, co-working space ini juga mengusung kultur fleksibilitas, keterbukaan, kolaborasi, dan inovasi.
Dengan kultur tersebut, Koléga ingin menjadi tempat berkolaborasi bagi para startup, pemain di industri kreatif, freelancer, komunitas, entrepreneur, hingga mahasiswa. Kawasan Tebet sendiri populer di kalangan anak muda, khususnya bagi mereka yang besar di Jakarta.
Bila Koléga Tebet memiliki dua jenis ruangan utama, yakni ruang kerja dan event, sedikit berbeda dengan Koléga Senopati. Co-working space ini juga menawarkan Dedicated Room untuk kamu yang ingin bekerja dengan meja personal, dan Office Suit. Sementara untuk kapasitas, ruangan di Koléga Senopati dan Tebet sama-sama bisa memuat sekitar 60 hingga 70 orang. Koléga juga menyediakan fasilitas seperti Wi-Fi, ruang rapat, locker pribadi, dan minuman gratis.
Selain sebagai tempat bekerja, Koléga juga bisa digunakan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai acara. Koléga sendiri mengadakan acara rutin bulanan yang bekerja sama dengan startup maupun penggiat entrepreneurship.
  • Koléga Tebet
Harga: Mulai dari Rp75.000 (3 jam)
Alamat: Jl. Tebet Raya No. 53D Gedung Lima Tiga, Jakarta Selatan – Jl. Suryo No.50 | Setiap hari pada pukul 09.00-21.00 WIB
  • Koléga Senopati
Harga: Mulai dari Rp100.000 (3 jam)
Alamat: Jl. Suryo No.50 Jakarta Selatan | Setiap hari pada pukul 09.00-21.00 WIB

Freeware Spaces

Freeware Space Kemang | FotoBertempat di kawasan Kemang, Freeware Spaces menyediakan co-working space yang di dalamnya terdapat banyak pelaku startup di ranah teknologi, fashion, sampai hiburan. Beberapa startup yang tercatat menjadi member dan alumni Freeware Space adalah KonsaatoMaskoolin, dan Brodo.
Freeware juga kerap mengadakan sesi sharing rutin yang bertujuan untuk membahas topik tertentu secara berkala, dan tak jarang juga menghadirkan pembicara yang terkenal dari industri startup.
Di sini kamu bisa memilih Shared Working Stations untuk yang ingin bekerja bersama dan Private Office Space untuk yang menginginkan ruang yang lebih personal. Dengan seringnya co-working space ini menyelenggarakan event, ini juga menjadi kesempatan bagi kamu yang ingin networking dengan lebih banyak pelaku startup, entrepreneur, sampai investor.
Harga: Mulai dari Rp500.000 (per bulan)
Alamat: Jl. Bangka XII No 4, Jakarta Selatan 12720 | Senin – Jumat pada pukul 08.00-20.00 WIB.

Kedasi

Kedasi Co-Working Space | Foto
Co-working space yang mulai beroperasi pada Januari 2016 ini mengklaim sebagai yang pertama di Jakarta Barat. Kedasi didirikan oleh Ifan Janitra Podiman, yang melihat bila banyak orang yang memanfaatkan kafe, kamar kos, atau rumah sendiri sebagai tempat untuk bekerja.
Ifan yang sebelumnya mendirikan kantor headhunter merasa ruangan kantornya terlalu luas. Ia lalu memutuskan mengubah fungsi kantornya menjadi ruang yang lebih bermanfaat bagi pekerja freelance, pelaku startup, dan mahasiswa.
Lokasi Kedasi dekat dengan berbagai kampus, mulai dari Trisakti sampai Binus. Untuk ruangan yang disediakan, ada ruang indoor yang bisa menampung 20 orang. Selain itu ada juga meeting room, dan private office dengan line telepon terpisah dan satu PC.
Fasilitas umum lain yang bisa digunakan adalah gaming room dan outdoor lounge untuk kamu yang menyukai bekerja di ruangan semi terbuka. Kedasi juga menyediakan teh dan kopi, serta free printing.
Harga: mulai dari Rp30.000 per jam, All Day Pass Rp150.000
Alamat: Jl. Cempaka Atas no,24, Jati Pulo – Tomang, Jakarta Barat 11420, Indonesia | Senin-Jumat 09.00-20.00 WIB

Conclave

conclave_coworking-space
Conclave memiliki ruang auditorium yang bisa menampung 125 orang, ruang konferensi, perpustakaan, dan tentunya workspaceMember Conclave bisa menikmati berbagai fasilitas seperti internet, loker pribadi, layanan printing, dan espresso. Paket untuk member Conclave bervariasi, mulai dari paket per jam dengan biaya Rp50.000, per hari Rp200.000, hingga per tahun dengan biaya Rp25 juta. Lihat kalender Conclave untuk mengetahui acara yang diselenggarakan di co-working space ini.
Harga: Rp50.000 per jam – Rp25 juta per tahun
Alamat: Jl. Wijaya 1 No. 5C, Jakarta Selatan, 12170 | setiap hari, 08.00-16.00 WIB

WorkOut

workout-coworking-space1
Co-working space yang satu ini menawarkan hal yang cukup unik, yakni selain bekerja, member juga bisa workout atau berolah raga. WorkOut menawarkan tiga layanan utama yakni co-working space dengan tarif Rp200.000 per empat jam, empat private office yang dibanderol dengan harga berbeda mulai dari Rp2 juta hingga Rp5 juta per minggu, dan dua ruang meeting dengan tarif Rp200.000 per jam. WorkOut menyediakan fasilitas seperti Wi-Fi, minuman, loker pribadi, TV, hingga sepeda.
Harga: Rp200.000 untuk empat jam
Alamat: Jl. Pintu Lima, Kawasan Gelora Bung Karno Sports Complex, Jakarta Pusat, 10270 | Senin-Jumat, pada pukul 09.00-17.00 WIB

Jakarta Digital Valley

JDV-coworking-space
Sama seperti Bandung Digital Valley dan Jogja Digital Valley, co-working space ini didirikan oleh Telkom untuk mendorong pertumbuhan perusahaan milik technopreneur atau developer dan menjembatani mereka dengan target pasarnya.
Jakarta Digital Valley sendiri didirikan pada 25 November 2014 lalu. Terkait member, Jakarta Digital Valley kemungkinan besar juga merupakan co-working space gratis seperti dua pendahulunya. Kamu yang tertarik hanya perlu mendaftar, yang kemudian akan diseleksi oleh pihak Jakarta Digital Valley.
Co-working space ini memiliki luas 500 meter persegi, lengkap dengan ruangan gadget, ruangan rapat, dan ruang inkubasi. Jakarta Digital Valley bisa menampung hingga 50 orang.
Alamat: Menara Multimedia, Jl. Kebon Sirih No.10, Jakarta Pusat, 10110 | Tidak disebutkan

Ciputra GEPI Incubator

GEPI
Ciputra GEPI Incubator (CGI) diprakarsai oleh Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) dan perusahaan CiputraCo-working space untuk komunitas startup ini memiliki luas sebesar 520 meter persegi dan berfokus pada event, meetup, networking, dan pelatihan. Startup bisa mendaftar program inkubasi GEPI untuk menikmati layanan di tempat ini secara gratis.
Alamat: DBS tower lt. 9, Ciputra World I Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5, Jakarta, 12940 | Senin-Jumat, pada pukul 09.00-18.00 WIB

Kejora

Kejora_coworking_space
Co-working space Kejora diluncurkan pada Maret 2014. Kejora dikelola oleh figur terkenal di ranah startup teknologi Indonesia seperti Andy Zain (Direktur Jakarta Founder Institute) dan Sebastian Togelang (Founding Partner Mountain SEA Ventures). Co-working space ini mempunyai luas 1.000 meter persegi, dengan menyediakan fasilitas seperti meja kerja, layanan printing, ruang meeting, dan lain sebagainya. Selain itu, member Kejora juga bisa menghadiri acara, workshop, dan berinteraksi dengan mentor.
Ada tiga cara bagi startup untuk bisa menikmati layanan di Kejora. Yakni bergabung dengan Jakarta Founder Institute, mengikuti inkubasi startup Ideabox yang didukung oleh Indosat, atau harus memperoleh investasi terlebih dahulu dari Mountain SEA Ventures.
Alamat: Barito Pacific Plaza Tower B, lt. 6, Jl. S. Parman, KAV 62-63, Slipi, Jakarta, 11410 | Tidak disebutkan

Biline Space

biline_space_coworking-space
Sebagai co-working space yang masih baru, sebagian fasilitas Biline Space seperti ruang meetingconvenience store kecil, dan layanan printing masih berlabel coming soon. Akan tetapi kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang sudah tersedia di Biline Space, seperti Wi-Fi, sepeda, TV, ruang game, hingga pantry.
Biline Space menyediakan tiga paket pilihan untuk pengunjung, yakni paket membership per bulan dengan tarif Rp2 juta, paket membership per minggu dengan tarif Rp500.000, dan paket harian dengan tarif Rp100.000.
Harga: Rp100.000 per hari – Rp2 juta per bulan (untuk member)
Alamat: Jl. Prapanca Raya No. 12/13, Jakarta Selatan | Senin-Sabtu, pada pukul 08.00-20.00 WIB

TierSpace

tierspace-coworking-space
TierSpace diluncurkan pada pertengahan Januari 2015. Tier Space menyediakan dua tipe ruang kerja yang berbeda yaitu co-working space dan private office suite atau kantor.
Untuk co-working spaceTierSpace menyediakan workspace yang didukung dengan ketersediaan Wi-Fi, meeting room dengan kapasitas 5 hingga 8 orang, Skype booth, dan lain sebagainya. Sedangkan private office ditujukan untuk perusahaan dengan tim kecil beranggotakan dua hingga lima orang. Private office bisa dibilang seperti ruang kantor kecil yang berisi meja, kursi, dan beberapa perlengkapan lainnya.
Selain tempat, TierSpace juga menyediakan berbagai fasilitas seperti loker pribadi, printer, scanner, mesin fotocopy, peralatan kantor, dapur, hingga minuman. Untuk bisa menikmati layanannya, TierSpace menerapkan berbagai macam paket, mulai dari paket per jam dengan biaya Rp30.000, per hari Rp220.000, hingga per bulan dengan biaya Rp3,2 juta.
Harga: Rp30.000 per jam – Rp3,2 juta per bulan
Alamat: Jl. Bakti No. 10, Jakarta Selatan, 12180 | Senin-Jumat, pada pukul 09.00-20.00 WIB & Sabtu, pada pukul 10.00-16.00 WIB

EV Hive

Jpeg
Jpeg
EV Hive merupakan salah satu co-working space terbaru di daftar ini. Co-working space milik perusahaan VC East Ventures (East Ventures beinvestasi di Tech in Asia, baca halaman etika kami) ini baru diluncurkan awal Juni 2015.
Dengan luas 250 meter persegi, EV Hive menyediakan dua tipe ruang kerja, yakni private space dan shared spacePrivate space biasanya diperuntukkan bagi startup dengan kapasitas sekitar 10 bangku. Sedangkan shared space memiliki ruangan yang lebih luas meliputi indoor dan outdoor.
Sama seperti co-working space lain, EV Hive menyediakan berbagai fasilitas seperti Wi-Fi, ruang rapat, loker pribadi, hingga minuman gratis. EV Hive juga rutin mengadakan berbagai acara seperti meetup untuk para startupCo-working space ini menerapkan biaya harian dan berlangganan bulanan bagi para penggunanya.
Harga: Bisa langsung menghubungi dewi@east.vc
Alamat: Gedung Maja Lt. 2, Jl. Kyai Maja no. 39, Jakarta Selatan | Senin-Jumat, pada pukul 09.00 – 18.00 WIB


CAV Co-Working Space

CAV-coworking-space
Satu lagi co-working space yang didirikan oleh VC. Mulai dibuka ke publik pada bulan Juni, CAV merupakan co-working space milik CyberAgent Ventures. Dengan luas 200 meter per segi, co-working space ini menyediakan shared space dan satu ruang rapat.
CAV juga dilengkapi dengan satu shared phone lineprinterscanner, dan laci di setiap meja. Co-working space yang terletak di kawasan Slipicon Valley ini juga menyediakan air minum gratis untuk para pelanggannya.
CAV juga menyelenggarakan berbagai acara dan meetup terkait startup, misalnya workshop tentang berbagai topik yang ditujukan bagi startup tahap awal. Selain acara, CAV juga secara rutin akan menyediakan sesi konsultasi one on one bagi startupCo-working space ini menerapkan biaya berlangganan bulanan bagi para pelanggannya.
Harga: Rp 2 juta per bulan per orang. Hubungi elsa@cyberagentventures.com untuk tim lebih dari 3 orang.
Alamat: Dipo Tower, 11th Floor unit A, Jalan Gatot Subroto kav 51-52, Jakarta, 10260 | Senin – Jumat, pada pukul 09.00 – 18.00 WIB (untuk walk-in) atau 24/7 untuk (startup)

CoWorkInc

CoWorkInc-coworking-space
CoWorkInc merupakan satu dari sejumlah co-working space yang diluncurkan pada tahun 2015. Tidak hanya untuk startup, CoWorkInc juga terbuka untuk freelancer, komunitas, dan penggiat beragam industri lainnya.
Didirikan oleh Cynthia Satrya dan lima rekannya, co-working space yang mulai beroperasi pada bulan Mei lalu ini memiliki luas 350 meter persegi. CoWorkInc menyediakan ruang kerja seluas 200 meter persegi, dua ruang rapat (untuk enam dan delapan orang), loker, kafe (bekerja sama dengan Common Grounds Coffee), Wi-Fi, serta fasilitas penunjang lainnya.
Sama seperti co-working space lainnya, CoWorkInc rutin menyelenggarakan event, baik event dari CoWorkInc sendiri maupun bekerja sama dengan pihak ketiga. Terkait tarif, CoWorkInc menerapkan paket per dua jam, harian, dan bulanan.
Harga: Rp50.000 untuk dua jam – Rp3 juta per bulan
Alamat: WIMO Building, 3rd floor. Jl. Kemang 1 no. 7, Jakarta 12730 | Senin-Sabtu, pada pukul 09.00-21.00 WIB
(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

ABOUT PRADIPTA

Editor penyuka 99 persen warna gelap. Musik, mainan, dan semua hal kekinian dalam balutan teknologi.