"

Kamis, 20 April 2017

5 Kompetisi IT Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui



5COMMENTS
INAICTA 2013 | Featured
Hard skill, alias kemampuan yang bisa dinilai dengan mudah seperti kemampuan menulis, menggambar, coding, dan lainnya, merupakan hal yang wajib kamu kuasai saat lulus kuliah. Kamu bisa mengasah hard skill kamu dengan bekerja di startup, melanjutkan studi, atau bahkan membangun startup sendiri. Yang jelas hard skill dalam bidang IT sangat menentukan seberapa jauh kualitas dirimu.

Hard skill yang kamu punya tentunya tidak akan terukur jika tidak dibuktikan ke berbagai macam kompetisi. Berikut ini saya coba tampilkan jajaran kompetisi IT paling bergengsi di Indonesia sebagai sarana pembuktian penguasaan hard skill kamu.

Gemastik

Gemastik | Photo
Sumber: Gemastik
Gemastik diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerjasama dengan salah satu kampus terpilih di Indonesia. Acara ini merupakan pegelaran IT terbesar dan rutin diadakan setiap tahun sebagai ajang menyalurkan minat dan bakat dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Ratusan tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia ikut ambil bagian pada acara ini. Cabang kompetisi yang dapat diikuti di antaranya adalah pemrograman, pengembangan aplikasi permainan, pengembangan perangkat lunak, data mining, keamanan jaringan dan sistem informasi, animasi, piranti cerdas, desain user experience, serta pengembangan bisnis TIK.
Selain kompetisi, Gemastik juga mengadakan seminar TIK yang menghadirkan sponsor besar untuk turut berpartisipasi dalam memeriahkan Gemastik selama dua hari berturut-turut. Sponsor yang pernah bekerjasama dengan Gemastik di antaranya adalah MicrosoftIntel, Gamatechno, Tokopedia, dan Kibar.

Imagine Cup

Imagine Cup 2016 None Developers | Photo
Imagine Cup adalah program tahunan yang diselenggarakan dan disponsori oleh Microsoft. Kompetisi ini dapat diikuti oleh seluruh siswa di dunia dalam rangka adu kemampuan, memecahkan masalah, dan memberi perubahan di negara mereka masing-masing dengan pemanfaatan IT.
Cabang kompetisi yang dapat diikuti diantaranya Games, Innovation, World Citizenship, Hello Cloud, dan Earth. Pemenang dari setiap cabang kompetisi, akan berkesempatan terbang ke Kantor pusat Microsoft di Seattle, Amerika Serikat untuk saling berkenalan dan berkompetisi dengan peserta lainnya di seluruh dunia.

Compfest

Compfest merupakan acara IT tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia. Dirintis sejak tahun 2009, sekarang Compfest hadir dengan berbagai cabang lomba berskala nasional yang berkolaborasi dengan berbagai perusahaan IT besar.
Tidak hanya kompetisi, Compfest juga dimeriahkan dengan pameran TI yang diisi oleh puluhan startup, perusahaan, dan komunitas IT di Indonesia. Acara ini ditutup dengan seminar yang turut dimeriahkan oleh berbagai musisi papan atas Indonesia dan diisi oleh nama-nama besar penggiat IT Indonesia.

Indosat Wireless Innovation Contest

Indosat hadir mencari talenta terbaik generasi muda seluruh Indonesia. IWIC diperuntukkan untuk kamu yang penuh daya kreativitas dalam menuangkan ide brilian dan bahkan mewujudkannya dalam bentuk aplikasi keren yang memberikan manfaat untuk menjadikan Indonesia lebih baik.
Cukup dengan ide dan proposal sederhana, kamu sudah bisa menjadi bagian dari salah satu perhelatan IT terbesar di Indonesia ini. Pemenang akan berkesempatan mengasah lebih dalam lagi jiwa entrepreneurship di Jakarta Founder Institute dan Crowdtivate.

INAICTA

INAICTA merupakan kompetisi akbar berskala nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Acara ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia dalam rangka memberikan apresiasi terhadap karya-karya terbaik kreasi anak bangsa.
INAICTA memiliki tujuan yaitu hasil karya dari kompetisi dapat menjadi sarana untuk peningkatan inovasi dan kreativitas masyarakat di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Hasil karya diharapkan dapat bersaing bahkan menguasai dan merajai pasar teknologi di kawasan negara ASEAN dalam kerangka Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
Kategori kompetisi yang dapat diikuti di antaranya Health & Well-Being, Tourism & Hospitality, Education & Culture, Financial & SME, Research & Development, Games, Digital Interactive Media, Digital Animation, Student Project Application, Student Project Games, e-Inclusion & Sustainability, dan Applicative Robot.

Tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari pegeleran-pegelaran IT terbesar di Indonesia ini. Selain sebagai sarana tolok ukur penguasaan hard skill, dengan kompetisi-kompetisi di atas kamu juga dapat memperluas jaringan pertemanan, memperdalam pengetahuan di bidang IT, dan sebagai sarana lebih dekat dengan perusahaan yang ingin kamu tuju untuk bekerja.
(Diedit oleh Mohammad Fahmi; Sumber Gambar: Akun Flickr INAICTA)

ABOUT AKHIYAR

Try again