"

Selasa, 15 Januari 2013

Alangkah Uniknya anda ???

Sebelum memulai kegiatan Anda setiap pagi, apakah anda melihat ke cermin sepintas lalu untuk memeriksa penampilan anda ? Anda mungkin tidak mempunyai waktu untuk merenungkan pada saat itu.Namun, kini pikirkan sejenak apa yang tersangkut waktu anda melihat dengan sepintas lalu ke cermin.
Mata Anda memungkinkan anda melihat diri anda sendiri dalam tata warna penuh, meskipun kemampuan melihat warna bukan sesuatu yang penting bagi kehidupan.Posisi telinga anda memungkinkan anda mendengar secara stereofonis; dengan demikian anda dapat mengetahui sumber suara,seperti suara orang yang dikasihi. Kita mungkin mengganggap kesanggupan itu sudah semestinya, namun sebuah buku untuk para ahli suara mengomentari " Bagaimanapun juga, pada waktu mempelajari sistem pendengaran manusia secara mendalam,sulit untuk tidak menyimpulkan bahwa fungsi dan strukturnya yang pelik menunjukkan adanya seorang perancang yang pemurah.
Hidung anda juga adalah rancangan yang luar biasa.Melaluinya,anda dapat menghirup udara,yang membuat anda tetap hidup. Juga, hidung memiliki jutaan reseptor, yang memungkinkan anda mengenali sekitar 10.000 nuansa aroma.Sewaktu anda menikmati makanan ,indra lain ikut bekerja. Ribuan saraf pengecap menyampaikan berbagai rasa kepada anda.Reseptor lain di lidah,membantu anda merasakan apakah gigi anda bersih ????


Ya anda memiliki lima indra--;Penglihatan,pendengar,penciuman,pengecap,dan peraba. Memang, beberapa binatang memiliki penglihatan yang jauh lebih tajam pada malam hari, memiliki penciuman yang lebih sensitif,atau pendengaran yang lebih peka, namun kesanggupan manusia untuk menggunakan semua indra ini secara seimbang pasti membuatnya unggul dalam banyak hal.




Keceriaan Bila keluarga berkumpul

Namun, marilah kita mempertimbangkan mengapa kita dapat memperoleh manfaat dari kesanggupan dan kapasitas ini.Semua itu tergantung pada organ seberat 1,4 kg didalam kepala kita--,otak kita.Binatang memiliki otak yang berfungsi, namun, otak manusia memiliki kelas tersendiri, yang tak dapat disangkal membuat kita unik. Mengapa demikian ? dan, bagaimana keunikan ini berkaitan dengan minat akan kehidupan yang langgeng dan bermakna ?

Selama bertahun tahun, otak manusia disamakan dengan komputer, namun penemuan2 belakangan ini memperlihatkan bahwa perbandingan ini sama sekali tidak seimbang. "Bagaimana seseorang dapat mulai mengerti fungsi sebuah organ yang memiliki kira2 50 miliar neuron dengan satu juta miliar sinapsis (sambungan), dan dengan tingkat kecepatan pembakaran secara umum barangkali 10 juta miliar kali per detik ?????
tanya Dr.Richard M.Restak. Jawabannya ? " Kinerja jaringan saraf komputer yang paling canggih sekalipun......memiliki satu sepersepuluhribu kapasitas mental seekor lalat. " Maka, pikirkanah betapa tertinggal nya sebuah koputer bila dibandingkan dengan otak manusia, yang jauh lebih unggul.
Sewaktu komputer mutakhir,Deep Blue, mengalahkan juara catur, timbul pertanyaan, "Bukankah kita terpaksa menyimpulkan bahwa Deep Blue pasti memiliki pikiran ?
Prof David Gelernter dari universitas Yale menjawab, " Tidak. Deep Blue hanyalah sebuah mesin, ia sama sekali tidak memiliki pikiran, ia seperti sebuah pot bunga...... Makna utamanya: Manusia adalah pembuat mesin yang piawai.
Prof Gelernter menunjuk perbedaan utama ini, " Otak adalah mesin yang dapat menciptakan mesin, Otak dapat mewujudkan apa yang dibayangkan, dan komputer tidak dapat melakukannya."
Ia menyimpulkan, "Kesenjangan antara otak manusia dan komputer bersifat permanen dan tidak akan pernah terjembatani. Mesin akan terus membuat kehidupan lebih mudah, lebih sehat,lebih menarik dan lebih membingungkan. Dan , umat manusia akan terus berminat pada hal2 sama yang mereka selalu minati; tentang diri mereka,tentang satu sama lain, dan kebanyakan dari antara mereka berminat, akan Allah. Mesin tidak pernah melakukan hal2 ini, dan tidak akan pernah.
Apakah ada komputer buatan manusia yang dapat memperbaiki dirinya sendiri,menulis kembali programnya, atau mengembangkan diri seraya bertahun2 berlalu ? Bila sebuah sistem komputer disesuaikan, seorang pemrogram harus menulis dan memasukkan perintah berkode yang baru.Otak kita mengerjakan hal itu secara otomatis,baik pada tahun2 awal kehidupan maupun pada usia tua.Tidak berlebihan bila anda mengatakan bahwa komputer yang paling mutahir pun sangat primitif bila dibandingkan dengan otak.Para ilmuwan telah menjulukinya "Struktur yang paling rumit yang pernah diketahui " dan " Obyek yang paling komplek di jagat raya ". Pertimbangkan beberapa penemuan yang telah membuat banyak orang menyimpulkan bahwa otak manusia adalah karya pencipta yang penuh perhatia


Kalau Anda malas menggunakan otak anda--;..... akan cepat pikun.

Produk temuan manusia yang berguna seperti mobil,pesawat jet, kulkas,tv,komputer pada dasarnya dibatasi oleh mekanisme dan sistem2 elektris yang tetap yang dirancang dan dipasang manusia.
Sedangkan otak kita tidak seperti itu, otak adalah suatu mekanisme atau sistem biolgi yang sangat fleksibel. Otak dapat ber ubah-ubah menurut cara bagaimana kita menggunakannya--;atau penyalahgunaannya--.Dua faktor utama tampaknya bertanggung jawab atas perkembang otak seumur hidup kita--;yaitu apa yang kita biarkan memasukinya melalui indra2 dan apa yang kita putuskan untuk pikirkan.
Meskipun faktor keturunan mungkin mempengaruhi kinerja mental, riset modern memperlihatkan bahwa otak kita tidak dibuat statis oleh gen kita pada saat pembuahan. "Tidak ada yang menduga bahwa otak kita dapat ber ubah2 sebagaimana yang kini diketahui olh sains; "tulis Ronald Kotulak, pengarang yang memenangkan hadiah Pulitzer".Setelah mewawancarai lebih dari 300 peneliti,ia menyimpulkan, "Otak bukanlah suatu organ yang statis; otak merupakan sekumpulan sambungan sel yang berubah-ubah yang sangat diperngaruhi oleh pengalaman."----Inside the Brain.
Namun pengalaman kita bukanlah satu-satunya yang membantu membentuk otak kita. Otak juaga dipengaruhi oleh cara kita berpikir.Para ilmuwan mendapati bahwa otak orang tetap aktif secara mental memiliki sampai 40 persen lebih banyak sambungan (sinapsis) antar sel saraf (neuron) daripada otak orang yang malas secara mental.Para ilmuwan saraf menyimpulkan anda harus menggunakan otak anda atau kemampuannya akan hilang. Namun, bagaimana dengan orang2 yang lanjut usia ?Tampaknya sel2 otak seseorang berkurang seraya usia seseorang bertambah, dan usia lanjut dapat menyebabkan berkurangnya daya ingat. Namun, berkurangnya sel otak tidak sebanyak yang pernah dipercayai.Sebuah laporan Nasional Geographic tentang otak manusia mengatakan, "Orang2 yang lebih tua.........mempertahankan kapasitas untuk menghasilkan sambungan2 baru dan untuk memelihara sambungan2 lama melalui aktivitas mental".
Penemuan2 belum lama ini tentang fleksibilitas otak kita selaras dengan nasihat yang terdapat dalam Alkitab.Buku berhikmat tsb mendesak para pembaca Untuk (roma 12: 2 ) "Berhentilah dibentuk menurut sistem ini,Tetapi berubahlah dengan mengubah pikiranmu, " Agar kamu dapat menyimpulkan " kehendak Allah yang baik dan diperkenan dan sempurna "



Jutaan orang yang mau menerapkan nasehat2 ini, dari berbagai macan latar belakang sosial dan pendidikan---;menjadi lebih berbahagia dan lebih seimbang; karena dapat mengembangkan pikiran2 jauh lebih sehat.Perbaikan ini sebagian besar dihasilkan karena seseorang memanfaatkan sebagian dari korteks serebral yang terletak di bagian depan kepala.
Di lapisan luar otak, korteks serebral, kebanyakan neuron tidak berkaitan langsung dengan otot dan organ2 sensoris.Misalnya, pertimbangkan miliaran neuron yang membentuk Lobus frontalis.Scan (pemindaian) otak membuktikan bahwa Lobus frontalis akitif bila anda memikirkan sebuah kata atau membangkitkan kenangan.Bagian depan otak memainkan peranan khusus dalam membuat anda menjadi pribadi yang unik.

Korteks anterior......... paling berkaitan dengan pengembangan pikiran,kecerdasan,motivasi,dan kepribadian.Korteks anterior menghubung-hubungkan pengalaman yang diperlukan untuk menghasilkan gagasan abstrak, penilaian, kegigihan,perencanaan,keprihatinan kepada orang lain, dan hati nurani......pengembangan bagian inilah yang membedakan manusia dari binatang-binatang lain ". (Human anatomy and physiology oleh Marieb).Kita pasti melihat bukti perbedaan ini pada apa yang telah dicapai manusia dalam bidang-bidang yang khususnya melibatkan Korteks anterior, seperti matematika,filsafat dan peradilan.Mengapa manusia memiliki Korteks anterior yang besar dan fleksibel, Yang memungkinkan fungsi mental yang lebih tinggi, sedangkan pada binatang, daerah ini sangat sederhana atau tidak ada ? Kontrasnya begitu besar sehingga para ahli biologi yang menyatakan bahwa kita berevolusi--, berbicara tentang "Misteri ledakan ukuran otak "; Prof.biologi Richard F.Thomson, yang memperhatikan perkembangan yang luar biasa pada korteks serebral kita, mengakui , : Hingga sekarang ,kita belum memiliki pemahaman yang jelas sekali tentang mengapa ini terjadi".Mungkinkah alasannya terletak pada fakta bahwa manusia diciptakan dengan kapasitas otak yang tiada bandingnya ini ?

Keahlian Berkomukasi yang tak tertandingi.

Bagian2 lain dari otak juga membuat kita unik.Di belakang korteks anterior kita terdapat lapisan korteks motoris.Kortek motoris memiliki bermiliar-miliar neuron (saraf) yang berhubungan denga otot2 kita.Korteks motoris juga mempunyai keistimewaan yang mebuat kita sangat berbeda dengan kera atau binatang2 lain.Korteks motoris yang utama memberi kita : 1. Kesanggupan yang luar biasa untuk menggunakan tangan,jari,dan ibujari untuk melakukan tugas2 tangan yang cekatan, dan 2. Kemampuan untuk menggunakan mulut,bibir,lidah dan otot2 muka untuk berbicara.---Textbook of medical physiologi oleh Guyton.
Pertimbangkan sejenak bagaimana korteks motoris mempengaruhi kesanggupan berbicara Anda.Lebih dari setengah korteks motoris mengendalikan organ2 komunikasi.Itulah sebabnya mengapa manusia memiliki ketrampilan berkomunikasi yang tidak tertandingi.Meskipun tangan kita berperan dalam berkomunikasi (untuk menulis,untuk memberikan isyarat normal, atau untuk berbahasa isyarat ), mulut biasanya mempunyai peran utama.
Tutur kata manusia--- dari sebuah kata pertama seorang bayi sampai suara seorang lanjut usia--- tidak diragukan lagi merupakan sesuatu yang sangat menakjubkan.Sekitar 100 otot di lidah,bibir,rahang,tenggorokan, dan dada bekerja sama untuk menghasilkan begitu banyak suara.Perhatikan kontras ini: Satu sel otak dapat mengatur 2000 serat otot betis seorang atlet, namun pada otak ,untuk pangkal tenggorokan berkonsentrasi pada 2 atau 3 serat otot saja.Bukankah itu memperlihatkan bahwa otak kita khususnya diperlengkapi untuk berkomuniksai ?
Informasi aktual yang diperlukan untuk mengajukan pertanyaan sederhana, "Apa kabar ? " disimpan dalam sebagian dari Lobus frontalis otak Anda yang disebut area Broca, yang dianggap oleh beberapa orang sebagai pusat ujaran Anda. Penerima hadiah Nobel, ahli ilmu saraf Sir John Eccles menulis, "Pada kera, tidak ditemukan area yang sama dengan area ujaran Broca. " Bahkan seandainya dikemudian hari beberapa area yang serupa ditemukan pada binatang, faktanya adalah para ilmuwan tidak dapat mengajar kera untuk menghasilkan lebih daripada sekadar bunyi ujaran yang sederhana.Namun, Anda dapat berbicara dalam bahasa yang rumit. Untuk melakukan itu, Anda menyusun kata2 menurut tatabahasa dari bahasa Anda.Area Broca membantu anda melakukan hal itu, baik secara lisan maupun tulisan.



Otak manusia,yg super canggih.

Tentu saja , Anda tidak dapat melakukan mukjizat ujaran kalau Anda tidak mengetahui setidaknya satu bahasa dan memahami arti kata katanya.Ini melibatkan bagian khusus lain dari otak Anda, yang dikenal sebagai area wernicke.di area ini, bermiliar-miliar neuron memahami arti kata2 yang diucapkan atau yang ditulis.Area Wernicke membantu Anda untuk mengerti kalimat2 dan untuk memahami apa yang Anda dengar atau baca; dengan demikian Anda dapat memperoleh informasi dan dapat menanggapi dengan akal sehat.

Bahkan lebih banyak faktor terlibat dalam kefasihan Anda bertutur kata. Misalnya, kata "HALLO" yang diucapkan dapat mempunyai berbagai macam makna.Nada suara Anda memperliahatkan apakah Anda bahagia, gembira,bosan,terburu buru,terganggu,sedih,atau ketakutan, dan bahkan dapat menyingkapkan kadar keadaan emosi-emosi tersebut.Area lain pada otak Anda menyediakan informasi bagi emosi tutur kata.Jadi, berbagai bagian otak Anda berperan sewaktu Anda berkomunikasi.
Simpanse telah diajar bahasa isyarat yang terbatas, namun mereka hanya dapat menggunakanya untuk membuat permintaan yang sederhana akan makanan atau kebutuhan pakok lain. Dr. David Premack, yang telah berupaya mengajarkan komunikasi nonverbal sederhana kepada simpanse, menyimpulkan, " Bahasa manusia telah mempermalukan teori evolusi karena bahasa manusia jauh lebih hebat daripada yang dapat dijelaskan seseorang."
Kita mungkin merenung, "mengapa manusia memiliki ketrampilan yang luar biasa ini untuk mengkomunikasikan gagasan dan perasaan, untuk mencari keterangan dan untuk memberi tanggapan ?' The Encyclopedia of Language and Linguistics mengatakan bahwa "tutur kata (manusia) itu, istimewa " dan mengakui bahwa "pencarian akan pelopor komunikasi binatang tidak akan banyak membantu menjembatani jurang pemisah yang sangat besar antara perilaku hewan dengan bahasa dan tutur kata". Prof. Ludwig Koehler meringkaskan perbedaanya. "Tutur kata manusia merupakan suatu rahasia; ini adalah karunia ilahi, suatu mukjizat."
Alangkah berbedanya isyarat yang digunakan seekor kera dan kesanggupan anak2 untuk berbahasa yang rumit ! Sir John Eccles menunjuk pada apa yang kebanyakan dari antara kita juga telah amati, yaitu kesanggupan " yang diperlihatkan bahkan oleh anak2 berusia 3 tahun.




Om namanya siapa ??? Namaku Aimi
untuk mengajukan PERTANYAAN yang bertubi tubi karena hasrat mereka untuk mengerti dunia mereka". Ia menambahkan, " Sebagai kontras, kera tidak mengajukan pertanyaan." Ya,hanya manusia yang membuat pertanyaan, termasuk pertanyaan tentang makna kehidupan.


Bahasa dan kecerdasan
Mengapa kecerdasan manusia jauh melebihi kecerdasan binatang; seperti simpanse atau kera ? Jawabannya adalah penggunaan sintaksis kita-- menggabungkan bunyi untuk membentuk kata-kata dan menggunakan kata2 untuk membentuk kalimat.Ahli fisiologi saraf teoritis,Dr.William H Calvin menjelaskan :
"Simpanse liar menggunakan sekitar tiga lusin bunyi bahasa untuk menyampaikan sekitar tiga lusin arti.Mereka mengkin mengulangi suatu bunyi untuk menekankan artinya, namun mereka tidak merangkai tiga bunyi menjadi satu untuk menambah kata baru bagi kosakata mereka.
"Kita ,manusia, juga menggunakan tiga lusin bunyi bahasa, yang disebut fonem.Namun kombinasi kombinasi fonem itulah yang memiliki arti menjadi kata2 yang penuh arti. "Dr Calvin memperhatikan bahwa "belum ada yang pernah menjelaskan " cara terjadinya lompatan dari "satu bunyi/satu arti" binatang ke kapasitas unik yang dimiliki manusia untuk menggunakan sintaksis.
Sepanjang sejarah,setiap kali sekelompok orang bertemu dengan kelompok lain, masing2 mendapati kelompok lain berbicara dengan bahasa tertentu. The language Instinct mengomentari,"Tidak ada suku BISU yang pernah dijumpai , dan tidak ada bukti bahwa ada suatu wilayah yang menjadi " tempat lahirnya" bahasa2 yang kemudian menyebar ke kelompok lainnya yang sebelumnya tidak mempunayi bahasa.......
Ke universalan bahasa yang rumit merupakan suatu temuan yang membuat para ahli linguistik merasa takjub, dan menjadi alasan pertama mereka untuk menduga bahwa bahasa adalah......produk naluri istimewa manusia.
Apakah hanya Manusia, yang dapat berkomunikasi melalui bahasa ? Jelaslah,jawabannya tergantung pada apa yang dimaksud dengan "BAHASA"--- karena semua hewan yang tingkatnya lebih tinggi tentu berkomunikasi dengan beragam variasi isyarat,bau,lolongan,jeritan kicauan atau tarian.Namun, tidak ada hewan yang seperti manusia yang memiliki TATA BAHASA bersruktur. Dan,mungkin yang patut diperhatikan adalah bahwa binatang tidak membuat karya lukisan dan mengaguminya.Yang terbaik yang dapat dilakukan oleh binatang hanyalah mencoret-coret sesuatu dan tidak mengagunmi hasil dari coretannya.---- Prof.R.S dan Prof.D.H Fouts.

Daya ingat
Sewaktu Anda memandang sepintas lalu ke sebuah cermin, Anda mungkin memikirkan bagaimana rupa Anda sewaktu Anda lebih muda, bahkan membandingkannya dengan rupa Anda kelak atau bagaimana rupa Anda setelah menggunakan kosmetik.Pikiran ini dapat muncul tanpa disadari, namun sesuatu yang sangat istimewa sedang terjadi, sesuatu yang tidak dapat dialami oleh seekor binatang pun.
Tidak seperti binatang , yang sebagian besar hidup dan bertindak menurut kebutuhan saat ini, manusia dapat merenungkan masa lampau dan merencanakan masa depan.Kunci untuk melakukan itu adalah kapasitas daya ingat otak yang nyaris tidak terbatas.Memang, binatang meiliki daya ingat dalam tingkat tertentu, sehingga mereka dapat menemukan jalan pulang atau mengingat dimana makanan dapat ditemukan.Daya ingat manusia jauh lebih besar.Seorang ilmuwan memperkirakan bahwa otak kita dapat menampung informasi yang akan mengisi kira2 dua puluh juta jilid buku, sama banyaknya seperti dalam perpustakaan yang terbesar di dunia. Beberapa ilmuwan saraf memperkirakan bahwa selama suatu jangka hidup rata2 , seseorang menggunakan hanya 1/100 dari 1 persen (1/1000) dari kapsitas otaknya yang potensial.Anda mungkin bertanya, "Mengapa kita memiliki otak dengan kapasitas yang begitu besar , dibanding dengan perkiraan umur manusia sekarang yang rata2 60 s/d 100 th, yang kita ibaratkan suatu rangkaiaan kereta api ber gerbong gerbong hanya memuat 1 buah jagung ????--Boleh dikatakan selama hidup kita yang normal, kita hampir tidak menggunakan satu bagian daripadanya.Bukankah fakta ini harusnya kita renungkan ???
Otak kita bukan hanya sekedar tempat penyimpanan informasi yang sangat luas; Dua prof.biologi,Robert Ornstein dan Richard F.Thomson, menulis ,"Kesanggupan pikiran manusia untuk belajar--untuk menyimpan dan mengingat informasi- adalah fenomena terhebat dalam dunia mahluk hidup.Segala sesuatu yang membuat kita menjadi manusia--seperti bahasa,pikiran,pengetahuan,kebudayaan--adalah hasil kesanggupan yang luar biasa ini."
Lagi pula, Anda memiliki pikiran yang TANGGAP.Pernyataan itu mungkin tampak mendasar namun, meringkaskan sesuatu yang tidak diragukan membuat Anda unik.Pikiran telah digambarkan sebagai "Wujud yang sulit dipahami tempat kecerdasan,pengambilan keputusan,persepsi,kewaspadaan dan kesadaran akan diri Anda".Seperti anak sungai2 kecil, dan sungai2 besar mengalir ke laut, demikian pula daya ingat, gagasan, gambar,suara, dan perassan senatiasa mengalir kedalam atau melalui pikiran kita.Kesadaran ,menurut sebuah definisi,adalah "Persepsi mengenai apa yang melewati pikiran manusia sendiri.",Sedangkan pada binatang mereka tidak mempunyai kesadaran seperti manusia; yang mengerti bahwa mereka itu adalah binatang; sungguh sesuatu yang bijak.
Para peneliti modern telah membuat kemajuan besar dalam upaya mengerti susunan fisik otak dan beberapa proses elektrokimia yang terjadi didalamnya.Mereka juga dapat menjelaskan rangkaian arus listrik dan bekerjanya sebuah komputer mutakhir.Namun, terdapat perbedaan yang sangat besar antara otak dan komputer.Dengan otak anda, anda sadar dan tanggap akan eksistensi anda, namun tidak demikian dengan sebuah komputer. mengapa berbeda ?
Terus terang,bagaimana dan mengapa kesadaran muncul dalam proses fisik pada otak kita adalah suatu MISTERI.
"Saya tidak menemukan bidang sains manapun yang dapat menjelaskan ini, "demikian komentar seorang ahli biologi saraf.Juga ,Prof James Trefil mengamati, "Sebenarnya, apa makna kesadaran bagi manusia....... adalah satu satunya pertanyaan utama dalam sains yang bahkan tidak kita ketahui cara menanyakannya."Salah satu alasannya adalah karena para ilmuwan menggunakan otak untuk mencoba mengeri otak." Dan, sekadar mempelajari fisiologi otak boleh jadi tidak cukup.Kesadaran adalah "Salah satu misteri terbesar dari eksistensi ", demikian pengamatan Dr. David Chalmers,"namun pengetahuan mengenai otak saja mungkin tidak membantu (para ilmuwan) untuk memecahkan misteri tersebut".
Meskipun demikian,kita massing2 mengalami kesadaran.Misalnya, kenangan kita akan peristiwa2 di masa lalu bukanlah sekadar fakta2 yang disimpan,seperti informasi dalam satuan bit komputer.Kita dapat merenungkan pengalaman kita,menimbal pelajaran darinya,dan menggunakannya untuk membentuk masa depan kita.Kita juga dapat mempertimbangkan beberapa skenario untuk masa depan dan mengevaluasi dampak yang mungkin dapat diakibatkan olehnya.Kita memiliki kapasitas untuk menganalisa,menciptakan,menghargai,dan mengasihi.Kita dapat menikmati percakapan yang menyenangkan tentang masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Kita mempunyai nialai2 moral berkenaan perilaku dan dapat menggunakannya untuk membuat keputusan yang dapat atau tidak dapat mendatangkan manfaat langsung. Kita tertarik dengan keindahan seni dan moral.Dalam benak kita, kita dapat membentuk dan memurnikan gagasan kita serta mengatisipasi reaksi lain bila kita melaksanakan gagasan tersebut.
Faktor2 demikian menghasilkan kesadaran yang mebedakan manusia dengann bentuk2 kehidupan yang lain diatas bumi.Seekor anjing,seekor kucing atau seekor burung melihat ke cermin dan menanggapinya seolah-olah melihat binatang lain yang sejenis dengannya.Namun , bila Anda melihat ke sebuah cermin,Anda sadar akan diri Anda sebagai suatu pribadi dengan kapasitas yang disebutkan tadi. Anda dapat merenungkan dilema dilema, seperti; "Mengapa beberapa penyu hidup 250 thn dan beberapa pohon hidup lebih dari 1000 thn, namun manusia yang cerdas menjadi berita jika ia bisa mencapai umur 120 thn ???? Dr. Richard Restak menyatakan, "Otak manusia , dan otak manusia saja, yang memiliki kapasitas untuk merenungkan, meninjau fungsinya sendiri, dan dengan demikian mencapai beberapa taraf yang sangat sulit dipahami.Memang, kapsitas kita untuk menulis ulang naskah kita sendiri dan meluruskan kembali diri kita dalam dunia adalah apa yang membedakan kita dari semua mahluk lain didunia.
Kesadaran manusia membigungkan beberapa orang.Buku Life Ascending,meskipun mendukung penjelasan biologis semata,mengakui, "Bila kita menganalisis bagaimana suatu proses (evolusi) yang menyerupai sebuah permainan untung-untungan, dengan hukuman yang mengerikan bagi yang kalah,dapat menghasilkan sifat2 seperti kasih akan keindahan dan kebenaran,keibaan hati,kemerdekaan,dan diatas segalanya, kapasitas yang ekstensif dari semangat manusia; kita merasa binggung.
Semakin banyak kita memikirkan sumber daya rohani kita, kita semakin heran. "Benar sekali. Oleh karena itu, kita dapat melengkapi pandangan kita akan keunikan manusia dengan beberapa bukti tentang kesadaran kita yang memberikan gambaran mengapa banyak orang merasa yakin bahwa pasti ada perancang , atau pencipta, yang cerdas, yang memperdulikan kita.Amin.


Pemberkatan nikah di GKJW Mojowarno