"

Senin, 29 Oktober 2012

Kanker Ovarium.

Kanker Ovarium

  Apa itu kanker ovarium ?

  Kanker ovarium adalah sebuah penyakit sel tumor ganas didalam ovarium wanita. Merupakan salah satu tumor yang paling sering ditemukan pada organ reproduksi wanita. Dikarenakan jaringan di dalam ovarium dan kompleksitas fungsi endokrin, sulit mendeteksi apakah tumor tersebut jinak atau ganas. Saat diagnosis, mayoritas sel kanker sudah menyebar ke organ disekitarnya.
  Tingkat kematian tumor ganas ovarium menduduki urutan pertama pada onkologi ginekologi. Sudah menjadi ancaman serius buat kehidupan dan kesehatan para kaum wanita. Setelah ditemukan adanya kanker ovarium, sekitar 2/3 diantaranya sudah memasuki stadium lanjut. Oleh karena itu tingkat kelangsungan hidup dalam waktu lima tahun hanya tinggal 20%-30%. Setelah timbul penyakit, sedikit yang bisa hidup sampai 3 tahun. Semakin tua usianya, tingkat kematian kanker ovarium juga semakin tinggi.
  Namun masih ada harapan seperti, semakin cepat terdeteksi kanker ovarium dan menggunakan teknik pengobatan yang maju akan mendapatkan hasil pengobatan yang efektif, memperpanjang kehidupan wanita dan meningkatkan kualitas hidup.

  Apa yang menjadi penyebab kanker ovarium ?

Kanker paru.

Kanker Paru-paru

  APA ITU KANKER PARU?

  Kanker paru adalah kanker yang paling sering ditemukan (primari dan ganas). Sebagian besar kanker paru-paruberasal dari epitel bronkus, juga dikenal sebagai karsinoma bronkogenik.

  APAKAH SETIAP ORANG DAPAT TERKENA KANKER PARU?

  Statistik menunjukan, 90% dari semua kejadian kanker paru berkaitan dengan kebiasaan merokok. Jadi apakah orang yang tidak merokok tidak akan terkena kanker paru? Bila anda berfikir seperti itu, maka anda salah besar! Para ahli di Modern Cancer Hospital Guangzhou (MCHG) mengatakan, Meskipun etiologi dan patogenesis kanker paru-paru belum sepenuhnya jelas, tapi yang jelas adalah, merokok bukan satu-satunya penyebab kanker paru-paru, , tiga faktor berikut juga dapat menjadi penyebab penting kanker paru-paru,
  1. Polusi Udara
  2. Tekanan
  3. Nutrisi
  Selain faktor di atas, infeksi virus, mikotoksin (aflatoksin), TBC, disfungsi kekebalan tubuh, gangguan endokrin dan faktor genetik dan keluarga, dll, dapat berperan pada terjadinya kanker paru-paru.

Minggu, 28 Oktober 2012

Kanker otak.

Kanker Otak

  Apakah kanker otak itu?

  Kanker otak adalah biologis baru yang tumbuh di dalam rongga kranial, yang disebut juga sebagai tumor intrakranial. Posisi insiden ada diberbagai macam sel otak termasuk, syaraf otak, meningeal otak, tulang kepala, kelenjar pituitari dan metastase dari organ lainnya sebagai metastasis tumor otak.
  Karena dalam rongga kranial semuanya berupa tulang, otak besar yang tumbuh tumor akan menyebabkan tekanan dalam rongga kranial meningkat, yang kemudian menimbulkan gejala sakit kepala, muntah, penglihatan yang kabur, kram, koma dan gejala lainnya, posisi lesi dan sifat patologis dari kanker otak dapat berbeda seiring dengan perbedaan umur.

  Seberapa tinggi tingkat insiden dan tingkat kematian kanker otak?

  Tingkat insiden kanker otak menyumbang sekitar 5% dari kanker seluruh tubuh, menduduki tingkat 70% dari kanker anak. Kanker otak dapat muncul dalam berbagai tingkatan umur, pada umur 20-40 tahun memiliki tingkat insiden lebih tinggi, perbandingan angka insiden kanker otak antara pria wanita sebanyak 13:10.
  Seluruh dunia setiap tahun ada sekitar 18500 orang yang didiagnosa menderita kanker otak, setiap tahun ada sekitar 12760 orang meninggal karena kanker otak, Umur rata-rata dari pasien yang meninggal karena kanker otak adalah 64 tahun dan tingkat kematian kanker otak setiap tahun semakin meningkat.
Kanker otak

  Kanker otak dapat menimbulkan bahaya apa saja?

Kanker Payudara.

Kanker Payudara

  Seberapa tinggi tingkat kejadian kanker payudara ?

  Tingkat kejadian kanker payudara menempati tumor ganas di seluruh tubuh 7%-10%. Wanita dalam masa hidupnya kemungkinan mengidap kanker payudara mencapai 10%. Di seluruh dunia setiap tahunnya sekitar 1.200.000 orang mengidap kanker payudara. 400.000 orang meninggal dikarenakan kanker payudara, tingkat kematian setiap tahun meningkat 2%-3%, tingkat kejadiannya setiap tahun meningkat 0.2%-8%.

  Bahaya kanker payudara apa saja ?

  1.Mengancam kehidupan dan kesehatan kaum wanita.
  2.Memiliki resiko metastase kanker.
  3.Memiliki kemungkinan terjadinya kekambuhan kanker.
  4.Menyebabkan atrofi otot pada lengan dan anggota tubuh bagian atas.
kanker payudara

  Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Kanker Payudara ?

  Faktor-faktor seperti infertilitas, jumlah kelahiran sedikit, usia menopause yang tua, masa pubertas yang dini, riwayat penyakit tumor jinak payudara, riwayat keluarga kanker payudara, oral kontrasepsi, radiasi eksposur sudah dipastikan ada hubungannya dengan kanker payudara.
  Penyebab kanker payudara belum dapat sepenuhnya dipastikan, beberapa faktor penyebab yang telah dibuktikan masih menjadi kontroversi. Hormon estrogen sebelum dan sesudah menopause menjadi factor signifikan merangsang terjadinya kanker payudara. Selain itu factor genetic, pola makan dan kejiwaan erat sekali kaitannya dengan terjadinya kanker payudara.

  Gejala Kanker Payudara Ada Apa Saja ?

Kanker Hati





 Apakah kanker liver itu?

  Yang dimaksud dengan kanker liver adalah tumor ganas yang tumbuh di liver, termasuk kanker liver primer dan metastase. Kanker liver adalah salah satu tumor ganas yang paling sering dijumpai dalam klinis, berdasarkan hasil survey terkini, di dunia setiap tahunnya ada 60.000 pasien baru kanker liver, insiden kanker liver berada pada urutan ke enam dari daftar seluruh insiden kanker, tingkat kematian berada pada urutan ke tiga.
  Vietnam, Filipina, Malaysia, Singapore negara Asia timur dan Asia tenggara ataupun sekitarnya merupakan daerah-daerah insiden kanker liver yang tertinggi, pasien kanker liver ada pada usia setengah baya dan lanjut usia, antara usia 50-60 adalah usia rentan terjangkit kanker liver. Pada umumnya, pasien kanker liver pria adalah 7- 10 kali lipat dari pasien kanker liver wanita. Yang layak disyukuri adalah seiring dengan berkembangnya teknologi medis, kini telah tersedia berbagai macam metode pengobatan yang bermanfaat, dengan demikian memberi pasien kanker liver mendapatkan harapan baru.

  Faktor penyebab kanker liver ?

  Hingga saat ini, penyebab langsung kanker liver masih belum diketahui dengan jelas, namun pasti berhubungan dengan berbagai faktor berikut:

Sabtu, 27 Oktober 2012

Leukemia




 Apa itu leukemia ?

  Leukemia adalah sejenis kelainan dari sistem penciptaan sel induk hematopoietic yang juga merupakan penyakit yang cukup ganas. Adanya kelainan dari kemampuan untuk diferensiasi lebih lanjut serta pematangan leukosit stagnan pada tahap perkembangan yang berbeda sel di sumsum tulang dan jaringan hematopoietik lainnya. Angka akumulasi sel abnormal dan infiltrasi organ lain dan jaringan, dan fungsi hematopoietik normal terjadi penekanan. Leukemia umumnya menyebabkan anemia, infeksi pendarahan, dan gejala infiltrasi pada organ.

  Seberapa tinggikah angka penderita leukemia ?

  Leukemia atau kanker darah menduduki anka 2,5 % dari total kanker kanker yang ada. Di seluruh dunia, setiap tahunnya ada sekitar 47.150 orang yang didiagnosa sebagai penderita leukemia. Dan setiap tahunnya pula, ada sekitar 23.540 orang yang meninggal karena kasus leukemia. Pada kanker anak, umumnya resiko terkena leukemia akan tinggi pada usia 0 – 4 tahun, dan pada laki laki serta perempuan dewasa angka perbandingannya adalah 7 : 5.

  Jenis jenis leukemia yang paling sering ditemui adalah ?

  Berdasarkan sumber sel dan karakteristik morfologi, leukemia dapat dibagi menjadi kategori – kategori sebagai berikut :

Kanker kulit.

Apakah kanker kulit itu ?

Kanker Kulit

  Apakah kanker kulit itu?

  Kanker kulit adalah tumor ganas yang terjadi pada epidermis kulit. Kanker kulit sering terjadi pada bagian tubuh yang terpapar, misalnya kepala, muka, leher, belakang tangan dan tempat lainnya, menduduki total insiden sekitar 81.1%
  Kanker kulit banyak terjadi pada orang tua, dengan puncak insiden antara umur 51 tahun ~ 60 tahun, pria lebih banyak dibanding wanita, dengan perbandingan sebanyak 2:1, diantaranya orang kulit putih (orang Eropa) memiliki tingkat insiden yang paling tinggi.

  Apa saja gejala kanker kulit?

  Gejala dari Basal cell carcinoma dan Squamous cell carcinoma sangat mirip, di masa awal mungkin hanya berupa beberapa bintik kecil dengan permukaan yang kasar, dibandingkan dengan kulit sekitarnya warnanya agak sedikit merah atau agak sedikit putih; juga kemungkinan berupa benjolan yang sangat kecil atau satu luka kecil yang mudah berdarah, proses sembuhnya lambat atau tidak dapat rehabilitasi.
Kanker kulit

  Metode pemeriksaan sendiri kanker kulit

Kanker Serviks

 



Apakah yang dimaksud dengan kanker serviks ?

  Kanker serviks adalah tumor ganas yang terletak pada saluran rahim vagina dan serviks. Tingginya kasus kanker serviks umumnya berusia sekitar 50 tahun, dan pasien dengan kanker serviks pada pernikahan dini, hamil dini, perempuan dari infeksi HPV produktif. Dalam beberapa tahun terakhir, kejadian kanker serviks secara bertahap usia dekat dengan wanita muda.

  Seberapa tinggi kasus kanker serviks & angka kematiannya ?

  kasus kanker serviks menduduki peringkat kedua di seluruh kanker perempuan. Setiap tahunnya sekitar 53.000 kasus kanker serviks terjadi, dimana 85% kasus kanker serviks berasal dari negara berkembang.
  Setiap tahunnya sekitar 7,6 juta orang di seluruh dunia meninggal karena kanker, akuntansi untuk 13 persen kematian kanker secara global, termasuk korban kanker serviks dari sekitar 27.000, dan 88% angka kematian berasal dari negara berkembang.
Kanker Serviks

  Apa penyebab kanker serviks ?

  70% kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), diikuti oleh kanker serviks yang disebabkan oleh merokok dan human immunodeficiency virus (HIV), dan faktor risiko lainnya saling terkait yang juga dapat menyebabkan kanker serviks.
  Faktor risiko kanker serviks lainnya antara lainnya meliputi : klamidia, kebiasaan makan yang buruk, menggunakan obat-obatan yang mengandung hormon, riwayat keluarga yang terkena kanker serviks, terlalu sering mengkonsumsi pil kontrasepsi, berhubungan seksual di usia muda, hamil dini, melahirkan banyak anak dan faktor lain yang cenderung memicu kanker serviks.

Kanker Prostat

 


APAKAH KANKER PROSTAT?

  Kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh pada organ prostat pria, adalah hasil dari pertumbuhan sel acinic prostat yang tidak normal dan tidak teratur.

  BERAPA TINGGI PERSENTASE TUMBUHNYA KANKER PROSTAT?

  Kanker prostat sangat jarang ditemui pada pria dibawah umur 45 tahun, tapi bersamaan dengan penambahan umur, secara diam-diam kemungkinan tumbuhnya kanker prostat meningkat, sebagian besar pasien kanker prostat berumur di atas 65 tahun. Pada dasarnya, setiap penambahan umur 10 tahun pada orang yang berusia di atas 40 tahun, kemungkinan tumbuhnya kanker prostate menjadi berlipat ganda, bahaya pria berumur 50 – 59 tahun terkena kanker prostat yaitu 10%, sedangkan pria umur 80 – 89 tahun bertambah menjadi 70%.
Kanker Prostat

  APA SAJA PENYEBAB BERBAHAYA YANG MENYEBABKAN TUMBUHNYA KANKER PROSTAT?

 
     Penyebab yang sangat berbahaya :