"

Selasa, 13 November 2012

Pencegahan kanker


Mengurangi “Gas Radon” Rumah Dalam Pencegahan Kanker

pencegahan kanker  
      Fakta penting









  1. Dibeberapa negara, gas radon adalah penyebab kedua etiologi kanker paru-paru.
  2. Menurut rata-rata tingkat gas radon di suatu negara, ada 3-14% dari kanker paru-paru yang disebabkan karena gas radon.
  3. Gas radon lebih mungkin membuat perokok menjadi kanker paru-paru, selain itu penyebab utama kanker paru-paru pada perokok pasif.
  4. Gas radon memaksa kanker paru-paru pada konsentrasi rendah, tidak pada konsentrasi tinggi, karena ada suatu konsentrasi rendah dari gas radon dalam ruangan dalam kontak dengan banyak orang di rumah.
  5. Gas radon dirumah berkonsentrasi rendah, risiko juga lebih kecil.
  Gas radon itu apa?
  Gas radon adalah gas radioaktif alami mulia, ia tidak bewarna, tidak berasa, tidak berbau. Ini menghasilkan radioaktif uranium alami yang ditemukan di bebatuan dan tanah. Gas radon juga dapat ditemukan di dalam air.
  Gas radon mudah keluar dari tanah dan dilepaskan ke udara oleh berumur pendek peluruhan radon disebut sub-nuklir radon atau dekomposisi radon. Gas sub-nuklir radon atau radon memancarkan partikel alpha radioaktif, partikel-partikel ini dapat melekat pada aerosol di udara, debu dan partikel lainnya. Ketika kita bernafas, sub-nuklir radon dapat disimpan pada sel-sel yang melapisi saluran udara, sedangkan partikel alpha dapat merusak DNA dan berpotensi menyebabkan kanker paru-paru.
  Gas radon dalam rumah
  Bagi kebanyakan orang, kontak dengan sebagian besar gas radon dari rumah. Konsentrasi gas radon di rumah tergantung pada:
  1. Isi uranium dari batuan dan tanah
  2. Gas radon masuk dalam perjalanan ke rumah
  3. Pertukaran udara dalam ruangan dan luar ruangan, hal ini tergantung pada konstruksi rumah, kebiasaan ventilasi penghuni dan penutupan jendela
  Gas radon masuk dalam rumah melalui:
  1. Retakan di lantai semen dan diantara dinding
  2. Kesenjangan di lantai
  3. Sebuah lubang kecil di dinding
  4. Septik tank dan selokan
  5. Kadar radon biasanya lebih tinggi di ruang bawah tanah, gudang ruang bawah tanah atau struktur lainnya dalam kontak dengan zona tanah
  Mengurangi gas radon dalam rumah
  Tersedia melalui metode berikut untuk mengurangi kadar gas radon di rumah:

  • Meningkatkan ventilasi
  • Hindari gas radon dari ruang bawah tanah masuk ke ruang keluarga
  • Peningkatan ventilasi di bawah lantai
  • Instalasi sistem penyimpanan gas radon di ruang bawah tanah
  • Tutup lantai dan dinding
  • Instalasi bertekanan positif atau sistem pasokan ventilasi positif

  Dalam pembangunan rumah baru, terutama didaerah dengan gas radon yang tinggi, perlu mempertimbangkan keselamatan. Di Eropa dan Amerika Serikat, termasuk upaya perlindungan di gedung-gedung baru telah menjadi rutinitas, dan di beberapa negara telah menjadi prosedur wajib. Sistem mitigasi pasif telah terbukti mampu mengurangi kadar gas radon dalam ruangan hingga 50%. Ketika menambah ventilasi radon, selanjutnya dapat mengurangi tingkat gas radon.

sumber informasi:aseancancer
Tingkat kejadian kanker payudara menempati tumor ganas di seluruh tubuh 7%-10%. Wanita dalam masa hidupnya kemungkinan mengidap kanker payudara mencapai 10%.