Sabtu, 10 November 2012

Kanker Mata

Kanker Mata

  Apa yang dimaksud dengan kanker mata?

  Kanker mata adalah tumor ganas pertumbuhan tumor ganas di mata, artinya, bagian jaringan peka cahaya di retrobulbar. Tumor di retina mata, Kita sering mengatakan bahwa "mata kanker" mengacu pada karsinoma skuamosa sel mata dari sejarah panjang tentang penyakit mata. Kanker mata relative jarang terjadi, tetapi untuk usia tertentu kemungkinan bisa terjadi. Kanker mata umumnya terjadi hanya di satu mata saja, kemudian menyebar dari satu mata ke mata lainnya, kejadian seperti ini secara bersamaan mempengaruhi kondisi kedua mata. Kondisi seperti ini sering merupakan penyebab kematian.

kanker mata

  Penyebab kanker mata 

  Penyebab kanker mata umumnya disebabkan oleh mutasi genetic atau gen, dapat disebkan juga dengan : tepi kelopak mata kurangnya pigmen; sinar matahari terlalu lama, terutama oleh pengaruh radiasi ultraviolet yang kuat, kekurangan gizi.

  Gejala kanker mata 

  Meskipun kanker mata tidak terlalu umum, namun dapat terlihat jelas pada anak-anak usia 5 tahun atau pada usia yang lebih awal, tetapi pada anak-anak dibawah usia 4 tahun harus memberikan perhatian khusus terhadap reflektif mata. Jika ditemukan reflektif mata tidak normal atau terjadi mata menonjol dalam gumpalan harus segera dibawa ke rumah sakit specialis mata, jika terjadi luka yang parah harus segera dilakukan pengobatan dini. Untuk diagnosis dini kanker mata akan mendapatkan kesempatan pengobatan yang relative tinggi.

  Spesifikasi 

  Penyebaran kanker mata hamper diseluruh bagian mata, bagian rawan pada bagian kornea dan tepinya, bisa terjadi dari konjungtiva, nictitating membrane dan tepi kelopak mata, spesifikasinya :
  1. Pasien sewaktu ada sinar yang kilat (terlalu terang), akan menemukan titik putih di pupil.
  2. Pasien dengan warna mata yang berbeda dari mata lainnya.
  3. Pasien dengan mata esimetris atau esotropia
  4. Pasien dengan kedua mata yang bengkak dan nyeri
  5. Pasien dengan penurunan penglihatan

  Metode pemeriksaan 

  1. Mengontrol kinerja spesifik kanker mata, pada saat pemeriksaan apakah ditemukan bintik putih pada mata atau mata pasien timbuk gejala tidak normal yang disebutkan diatas.
  2. Apabila mata pasien timbul kondisi tidak normal, dianjurkan untuk langkah awal segera lakukan pemeriksaan CT fundus oculi dan kepala
  3. Disaat secara klinis gejala yang ada mendekati gejala kanker mata, pasien perlu melakukan pemeriksaan lab patologi dengan operasi untuk diambil sampel organismenya.
kanker mata 2

  Pengobatan kanker mata

  Karena kanker mata termaksud salah satu dari jenis kanker, maka dari itu dari segi medis metode pengobatan semua kanker dapat dilakukan pada kanker mata. 

  Metode pengobatan pada umumnya

  1. Pembedahan : bedah reseksi merupakan salah satu metode pengobatan umum yang digunakan. Dengan melakukan bedah reseksi pada tumor, termasuk seluruh mata kemudian di gabungkan dengan laser, dengan menggunakan temperature tinggi jaringan yang tidak normal dapat dihancurkan atau memutuskan saluran darah ke tumor guna mencapai hasil pengobatan kanker mata.
  2. Terapi pembekuan : dengan menggunakan jarum kecil tumor dibekukan, menghancurkan sel yang tidak normal, ini merupakan cara membunuh sel kanker.
  3. Terapi radiasi : prinsipnya didasarkan pada besar kecilnya energi radiasi yang dapat memiliki kemampuan pengrusakan sel dan kromosom sehingga menghambat pertumbuhan sel.
  4. Kemoterapi : menggunakan obat untuk mengecilkan ukuran tumor . di dalam beberapa kondisi kemoterapi dapat memberikan kehancuran yang tuntas terhadap kanker, menghambat dan menghentikan penyebaran sel kanker dan melengkapi hasil pengobatan yang lain.
  Apabila kanker mata tidak memberikan dampak serius bagi penglihatan pasien, dokter akan menghancurkan tumor tanpa enukleasi. Apabila pasien sudah kehilangan kemampuan penglihatan secara total ataupun kemampuan penglihatannya sudah rendah ditambah dengan ukuran tumor yang besar biasanya dokter akan melakukan pengangkatan mata (enukleasi) hingga ke bagian saraf optic mata. Disaat sel kanker belum menyebar diluar mata enukleasi bisa menjadi pengobatan yang efektif bagi kanker mata.
  5. Imunotheraphy tumor : teknik pengobatan Imunoterapi dengan meningkatkan fungsi system kekebalan tubuh dan faktor kedatangan hingga sampai kehancuran dengan tujuan pemberantasan tumor. Selain penargetan dan pengaturan fungsi kekebalan tubuh, masih ada efek samping dan manfaat lainnya. Dibandingkan dengan efek samping yang kuat dari kemoterapi dan radioterapi, pengobatan biologis tumor tanpa efek samping yang signifikan, dan metode ini terbukti secara klinis dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan pengobatan yang efektif terhadap kanker mata. Untuk sebagian sementara tidak diperbolehkan melakukan operasi, local kemoterapi, atau pengobatan kanker lainnya, dapat melakukan imunoterapi dahulu guna meningkatkan fungsi system kekebalan tubuh.

  Metode pengobatan paling baik

  Pengobatan kanker mata diwaktu dan di stadium yang berbeda memiliki metode pengobatan yang berbeda pula. Sekarang ini pengobatan umum utama kanker mata adalah pembedahan, diluar itu ada radioterapi dan kemoterapi yang juga termasuk program pengobatan yang diperlukan. Kita semua tahu radioterapi dan kemoterapi membunuh sel kanker dan disaat yang sama juga merusak sel yang normal, memberikan dampak kepada leukosit menjadi turun, system kekebalan tubuh menurun, mempercepat penyebaran sel kanker, sehingga menyebabkan pasien harus menjalani kemoterapi yang berulang ulang, radioterapi tidak sensitive. Modern Cancer Hospital Guangzhou sekarang ini menggunakan local kemoterapi, partikel radioaktif, Cryosurgery dan teknik pengobatan invasive lainnya, dapat menghindari kelemahan dari yang sebutkan diatas.
  Selain itu pengobatan integrative juga merupakan pengobatan ideal yang sekarang sering digunakan, terlebih bagi pasien dengan stadium lanjut Pengobatan China memiliki esensi vital, mengatur kelainan darah, untuk meningkatkan efek dari fungsi kekebalan tubuh pada pasien, pengobatan bisa efektif ditambah dengan pengobatan Barat, operasi, dan untuk rehabilitasi pasca-operasi untuk meringankan rasa sakit dan efek samping radioterapi dengan kemoterapi, untuk memperbaiki gejala, meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang hidup.
  Pencegahan dan perawatan kanker mata :
  Apabila ditemukan kanker mata pada anak tidak ada cara pencegahan. Namun melalui pelatihan untuk dokter mata anak, dokter dapat menyelamatkan anak dari kebutaan dan kematian.
  Bagi orang dewasa, biasanya perhatikan kebersihan mata, lakukan pemeriksaan secara teratur untuk memastikan kesehatan organ mata kita.

sumber informasi:aseancancer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar