Minggu, 25 November 2012

7 cara pencegahan kanker lambung



  Kanker lambung adalah kanker yang terjadi pada saluran pencernaan dan sangatlah berbahaya. Penelitian menemukan, penyebab kejadian kanker lambung kebanyakan berkaitan dengan kebiasaan makan.,oleh karena itu Memahami langkah-langkah pencegahan kanker lambung sangat penting.

pencegahan kanker lambung
  7 cara pencegahan kanker lambung:
  Meskipun etiologi kanker lambung belum sepenuhnya diketahui, namun hasil penelitian menunjukan faktor lingkungan, kebiasaan makan, lesi pre-kanker, dan faktor genetik bisa menjadi faktor-faktor penyebab kanker ini
  1. Kurangi makan makanan yang pickled atau acar.
  Makanan pickled mengandung jumlah nitrit dan amina sekunder yang tinggi. Ini dapat mengganggu tingkat aciditas di dalam lambung. Jadi kurangi makan-makanan pickled, perbanyak makan makanan yang fresh.
  2. Kurangi makan makanan yang di bakar dan di goreng
  Makanan yang dibakar, apalagi hangus mengandung zat karsinogenik, seperti benzopyrene. Goreng-gorengan yang menggunakan minyak bekas dapat sangat berbahaya karena adanya kandungan zat karsinogenik. Kurangi konsumsi makanan bakar-bakar dan goreng-gorengan.
  3. Jangan makan makanan yang sudah basi
  Makanan yang sudah basi atau yang sudah jamuran mengandung zat karsinogenik yang tinggi. Karena adaya toxigenic fungi, yang memproduksi nitrit dan amino sekunder. Ini dapat menyebabkan gangguan pada fungsi lambung.
  4. Jangan merokok atau minum terlalu banyak alkohol
  Rokok mengandung benzopyrene, polycyclic aromatic hydrocarbon dan zat-zat karsinogen lainnya. Ini dapat menyebabkan kanker oral, esofagus dan lambung. Alkohol sendiri bukan karsinogen, tetapi spirits dapat merangsang cedera pada jaringan mukosa lambung. Jika seseorang merokok dan sering menkonsumsi alkohol, ini sangat berbahaya. Karena rokok mengandung banyak karsinogenik dan alkohol dapat meningkatkan permeabilitas sel membran, sehingga meningkatkan penyerapan karsinogen ke dalam sistem tubuh.
  5. Kembangkan kebiasaan makan yang baik
  Kebiasaan makan yang tidak reguler (termasuk, makan berlebihan, terlalu cepat, terlalu panas, dll) dapat menyebabkan cedera pada lambung, yang nantinya dapat menyebabkan terjadinya kanker lambung. Juga, konsumsi garam terlalu banyak juga dapat merangsang terjadinya kanker lambung.
  6. Makan lebih banyak sayur dan buah-buahan segar
  Makan makanan yang mengandung banyak vitamin A, B, dan E, untuk memperkuat asupan protein di lambung, supaya dapat melindungi jaringan mukosa di lambung.
  7. Pengobatan pencegahan
  Bila anda menderita penyakit gastritis atrofik atau polip adenomatosa, anemia pernisiosa sebaiknya anda monitor yang lebih dekat kondisi anda, karena penyakit-penyakit diatas dapat menjadi salah satu penyebab kanker lambung.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar